Sunday, January 22, 2012

desember 2011 yang telah berlalu

ketika orang nanya "asal SMA kamu dari mana" jawab saya balikpapan.
karena jawaban itu maka sebagian besar yang kenal saya bahkan teman sekelas saya waktu SMAberanggapan bahwa saya tinggal(rumah saya) di balikpapan .ya faktanya saya tinggal di daerah bernama paser, kabupaten kedua setelah balikpapan jika kita bergerak kearah utara pulau kalimantan,sekitar 3 jam perjalanan dari balikpapan. balikpapan adalah tempat saya ngekost dan menyelesaikan pendidikan SMP - SMA saya. 

untuk sampai ke rumah(kabupaten paser tadi), dari balikpapan kita harus menyeberangi teluk dengan kelotok(perahu kayu) kurang lebih 30menit perjalanan atau bisa juga speedboat (lebih cepet)


ini kelotok(perahu kayu) yang saya maksud ,speedboatnya gasempat saya foto



suasana sesaat setelah meninggalkan pelabuhan kampung-baru balikpapan


ada yang lagi parkir di tengah laut,mungkin nahkodanya lagi capek atau nunggu antrian masuk pelabuhan.

ini,kenapa balikpapan disebut kota minyak

kayaknya lagi ada pemasangan platform baru(sotoy)
 perjalanan kemudian dilanjutkan dengan minibus kurang lebih ditempuh selama 2jam perjalanan, lalu diakhiri dengan angkutan umum setempat(ojek/pickup) atau bisa juga nunggu yang jemput kalo ada.

nah setelah perjalanan diatas, tibalah dirumah saya. disini nih

rumah saya tepat disebelah kantor desa diatas

nah,sekarang sayang pengen cerita liburan desember 2011 kemarin ngapain aja dirumah.
hari pertama "memupuk kelapa sawit"
ini perintah dadakan, masih pagi di hari pertama bapak udah nelpon dari kantor sana(bapak saya bekerja diluar,ada dirumah pas weekend aja) , katanya "kel hari ini kamu sama kakek pergi mupuk kebun ya" , yauda saya dan kakek siap2 bekal dan menuju kebun bareng om2 yang hari itu sekalian akan panen di kebun kami, sekitar 1 jam perjalanan dari rumah kebunnya. nah saya pimpinan pekerjaan hari ini,soalnya kakek gak gitu ngerti tentang prosedur pemupukan kebun kelapa sawit.
kebun yang akan dipupuk sekalian dipanen

jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk PHONSKA


hari kedua,karena menjelang natal maka biasanya ada persiapan belanja macem2, salah satunya membeli ayam kampung buat dipotong pas natal nanti,natal masih seminggu lagi otomatis mesti ada tempat buat naruh si ayam2 tadi sebelum dipotong. setelah melihat kandang ayam dibelakang rumah ternyata udah pada rusak , jadi kegiatan di hari kedua adalah "renovasi kandang ayam"

kakek saya sebagai pimpinan pekerjaan, dan saya sebagai babunya. yoi walaupun udah tua kakek saya jago dan masih kuat kalo cuma urusan kandang mengandang. waktu muda dulu kerjaannya seharihari memelihara ayam dan babi.

kandang ayam hasil renovasi apa adanya.dapat menampung 8-10 ekor ayam :D, udah direnovasi aja kayak gini,gimana sebelumnya ya??


hari ketiga dan beberapa hari kedepan, kalo yang ini rutinitas wajib tahunan yang selalu dilakukan sebelum perayaan natal, gatau asalnya kenapa tapi ini udah jadi tradisi dirumah tiap menjelang natal. ya dihari ketiga ini ,kembali lagi saya dan kakek tercinta melaksanakan "ngecat rumah"berbekal kuas seadanya ,kaleng,dan seember cat yang telah disiapkan sebelumnya, butuh 3 hari buat saya dan nenek menyelesaikan ngecat rumah ini.
berbekal seember cat dan kaleng-kaleng

salah satu bekal di masa depan nanti

nah akhirnya natal sudah didepan mata, gausa diceritain lah ya natalannya ngapain aja. intinya sukacita natal bersama keluarga dan kerabat dah ,juga dilegalkannya beer untuk diminum oleh seluruh anggota keluarga,hehe, oiya selamat hari natal yang telah berlalu buat semuanya, dan selamat tahun baru yang telah berlalu juga buat semuanya..

No comments:

Post a Comment