Wednesday, September 23, 2009

MARIBAYA..what's that?where?

sebelumnya gw mw blg ni cuma narasi biasa..jd mgkn gada makna2 atau sesuatu yg menarik d dalemnya..

langsung aja.. minggu malem kmren(20sept) abang gw(skarang pake gw aja..aing jeleg kdengarannya) nyamperin k kamar gw.trus bilang ke gw "kel besok kamu ikut makrab PPGT di maribaya ya"..oiya PPGT=persatuan pemuda gereja toraja.
awalnya rada males,alnya gw ga terlalu suka hal2 yg berbau kesukuan gtu..tp krna ga enak ma abang gw,yauda niatin aja..biar ad tmen gw ngajak temen yg ad d kosan,dan akhirnya dia gamau..yahh..mw gmn lagi..gw terima aja deh..malem itu gw bobo g terlalu larut,biar gk ksiangan..

keesokan harinya,gw bangun lebi awal dari biasanya(krna abang gw blg jam 8 ud brgkt)..trus gw bikin susu ama sereal pngganti sarapan(blm ad yg jualan nasi),setelah itu gw mandi dan siap2..jam stgah 8 gw da standby d kamar nunggu abang gw..tunggudemi tunggu abang gw ga keluar2 juga dari kamarnya...trus gw mikir knapa ya..jangan2 yg dmaksud jam 8 malem(sambil menertawakan diri gw sendiri),,soalnya d dukung ma yM abang gw yg masi onlen aja(artinya dia masi nge-net d kamar)..akhirnnya gw messagge aja
-gw : kak jam 8 kan?
-abang: iya
-gw : pagi atau malem?
-abang: pagi
-gw :ohh(bingung)
??!!..gw tmbah bingung ..katanya iya pagi tapi pas gw msg aja uda jam stenga 9,..ni orang jamnya gg jalan atau apa ya..kek opo to,jd bingung sendiri.alhasil yaudalah gw pasrrah aja de d kamr nunggu..akhirnya jam 9 abang gw mendatangi gw..trus dia bilang ayok kita brangkat..yauda kamipun menuju motor..

sesampai d depan(t4 motor) si abang nanya..
abang :kamu bawa jaket gag?
gw :gak kak..knapa emg ?
abang :dsana itu dingin lohh..
gw :gapapa kak..wong uda siang gini..paling gaterlalu dingin..
abang :loh ntar malem gmana?
gw :loh emg ampe malem?
abang :iyalah..wong nginep kok..
gw :astagaaa...gw pikir cm bentar doank..wahwah..cuma modal alkitab gini..yauda gw ambil tas dulu deh ama baju dlu dehh..alhasil gw kembali ke kamar dan masukin baju ke tas dgn buru2..stelah itu barangkat dehh..hhe

d perjalanan gw nanya..
gw :kita mau lgsng ke maribaya ni kak?jauh?
abang :rada jauh ..makanya ni ke astor dulu.ngumpul dsana anak2nya..tar darisana br naik mbil k maribayanya
gw :ohh..(gw pkir astor it nama restoran,alnya ad nama resto gtu..jd dalem hati gw bilang asikk..pasti d kasi saraapan gratis dulu ni d astor,mumpung blm makan)hmm,,
ditengah jalan tiba2 abang gw mngarahkan mtornya ke dalam sebuah gang,gw kaget,mw ngapain ya..akhirnya setelah masuk2 gang kcil gt dia brenti..trus gw turun dan gw liat sekeliling gw dantb2 terpaku pada tulisan d sebuah bangunan gt..
dan tulisannya: ASTOR(asrama mahasiswa toraja)..seketika gw mnyadari ternyata astor it asrama..huh..pupus suda sarapan gratis.sial.!

lanjut cerita..gw berkenalan dgn beberapa org dsana..beberapa menit berlalu gw uda akrab ma mreka,,biasalah gw kan suka SKSD gt..padahal baru jg kenal uda kek tmen lama..hha.stelah berbincang2 lama,,gw tanya kapan brangkatnya..trus kata panitianya..ntar ni lagi sms ngajakin anak2 baru yg lain..(astaga ,,uda mw brabgkat gini baru mau ajak2 yg baru...parah)tp yaudalah..stelah nunggu .yg d ajak pun gada yg nongol..akhurnya stengah sebelas kami barangkat..nyarter angkot yg brtuliskan"st.hall-lembang"(dari sini gw nyimpulkan kalo maribaya mgkn d daerah lembang t4x)..

d angkot gw cerita2 ma anak2nya..trus gw nanya,eh ni lewatin lembang gak?,trus mreka bilang iya..wah gw lgsng seneng..setelah beberapa bulan d bandung gw akhirnya bakal tau daerah yg namanya lembang(abs daerah ini trkenal bgd d bndg,jd ya pengenn tau gt de)..dperjalanan jalanannya macet krna masi H+1 lebaran..trus gw tertidur..dan ileran..kali ini iler gw netes kebawahh...pas nyadar malu bgd gw..abs d dpan gw tu cewek.tapi gw sok2 gatau2 gt dehh..anggap aja ga terjadi apa..sambil nahan malu(mreka pada senyum2 sndiri)..

setelah 2.5jam perjalanan yg lumayan nakutin bwt gw(krna jalannya naikin tanjakan yg tinggi gt.trus kiri kanan jurang) rombonganpun tuba d t4 tujuan..d sebuah villa..vila ini terletak d puncak ..lembang ksononya lagi,kata kakanya.hhe..wah,,keren ni prtama kali gw k puncak.hhe..dingin dan kiri kanan bnyk kebun..trus d bawah sana banyak sawah bertbaran..

rombongan masuk ke villa dan gw dapet kamar d lantai dasar..gw naruh tas d kamar trus gw trsadarr..
-gw lupa bawa alat mandi 1pun..handuk sabun sikat gigi..dll..huh sial bener(menemukan solusi:pinjem temen,,tp sikat giginya kaga lah.gw beli d warung)
-gw bawa baju ganti tp tidak dg clanany(menemukan solusi:gw kan pake jeans.yauda pke ini aja mpe bsok,toh jeans d pake mpe 3 hr pun gamasalah..wkwk)
-ini yg menurut gw masalah,gw lupa bawa CD gnti,cuma yg dpke saat itu doang..solusi: masa mw minjem?!hha,,parah..atau pake yg ini mpe bsok sore?!hwaaaa..tidakk..tapi solusi inilah yg jadi satu2nya pilihan..trpaksa dehh..dari pagi itu mpe bsok sorenya hanya gunain ituu..coba deh lo cium baunya dan rasakan betapa gatelnya..wkakak(bb17 ni)

ngelupain segala masalah td..gw brgabung ma anak2nya..trus kenalan lagi(ad rombongan yg brgkat dr t4 lain)..sambil nunggu ceweknya masak kita beceritaan,pada belogat toraja semua..serasa d kampung halaman.hhe..akhirnya jam 5 d umumkan waktunya makan..makan ini diberi judul "makan siang"hha...pdahal uda sore gini..yaudala..panitianya 1 spesies ma gw kali.hhe..setelah makan siang yg d adakan jam 5 sore itu..kami mandi..gantian krna kmar mandi cm 3..sambil ngatri mandi gw sambil tiduran..eh malah tertidur beneran..pas bangun uda jam 7 gt..uda kosong smua kamr mandi..dan gw mandi dgn air yg bs d bilang dinginn bgd..brrr..water heaterna blom jalan.

stelah mandi ada ibadah pembukaan..trus abs itu ada diskusi..bicarain ttg fanatisme thd gerja dll..krna pmbicaranya dokter gw pikr pasti asik ni..trnyata uhh..super membetekann..kata2ny yg paling gw benci "iya satu pertanyaan lagi" ...tiap abs jawab prtanyaan slalu ngmng gt..kapan abisnya ni diskusi..setelah si panitia interupsi krna waktu uda lewat dari yg djadwalkan(bukan lewat lagi sbenernya..lewat buangettt),baru ni dokter mngakhiri bekesahannya..akhirnya..

waktunya makan malem(kalo yg ini sesuai aja dgn namanya krna emg wktuny malem,jam stenga spuluan gt de)..setelah makan malem ada pembekalan iman gt..tp gw kabur ke kamar dan pura2 tidur(akhirnya tertidur beneran)..gw terbangun tepat dsaat pmbcaranya slese..hha..gw gabung lagi dan pembagian kelompok,trus ada game2 gt..dari 2 game yg d adakan dua2nya d menangkan oleh kelompok gw..hhe.prestasi yg lumayan.abis itu acara api unggun terus apaya...oiya ada game2 yg biasa d acara api unggun it lo..sperti jalansertayesusblabla..pkonya sperti acara api unggun pada umumnya lah..

pukul 2 subuh acara slesai dan akan d lanjutkan besoknya..kamipun tidur..sumpah dingin abis!!(kata temen gw)..gw si gaterlalau ngrasa dngin..alnya gw pake jaket trus ad bedcover ngannggur ge embat,,hhe..jd dlapis gt..jd anget d saat mreka melipat kaki krna kdinginan..hhauahauaha..

keesokan harinya..gw bangun ,,trus ada acara sate(saat teduh) gt..ad yg menarik pas lg bangunin anak2 yg lain..kira2 begini..
-panitia :millik komi pia e..la ma saat teduh tau..sanngatu ri..millik komi(bangun suda,kita mau saat teduh ,bentar aja kok)
-salah satu yg dbngunin :iyo ,mulaimi..na ma saat teduh mokan kami susi te(iya.saat teduh udah,kami udah teduh kok disini-ngelanjutin tidurnya)
hahahahah..krna selera humor gw yg tinggi..gw ma yg lain ngakak abis denger jawaban itu..hha.ada2 aja tu org..
saat teduh pun d mulai..dpimpin oleh kak nia(kakaknya ni manis dan endud2 gt loh,jd gw pun konsen banget dengerin khotbahnya..hha)..emg kotbahnya asik si..anak pendeta sii.hhe

trus abis sate kita sarapan mi goreng..gw menggila,,mi goreng kan ksukaan gw,,hhe..setelah sarapann..cewe2nya cuci piring abs tu mandi2(gw males mandi dgn alesan CD) trus outbond,,ada main sumpit kelereng trus mindahin karet pake sedotan dr mulut2 ke mlut gt(klompok gw juara dsini) trus ada yg pake selang gt..gatau apa nama gamenya,trus mindahin air pake spons..pkonya gt2 lahh..males gw critainn.uda rada capekk ngetik ni,hhe

abis outbond cewek2nya pada masak..trus cowonya ngerumpi..gw mah milih menyendiri ke dalem kebun2 gt..mw nelpon si yayang..(ciehh)..abis kangen jg sii..hhoo..padahal br sehari gak nelpon..hhe..setelah puas bersayang-sayangan dan melepas kangen dengan kekasih tercinta, gw balik ke villa..dan cerita2 bentar..trus gw liat ada meja pingpong nganggur yaudah ajakk temen main..stelah slese mainan..kita pada makan siangg..hmm lumayan d banding sblum2ny,kali ni ada ayam goreng..hhe

abis makan siang gada acara lg..cuma beres2 trus bekesahan dan mengenal lebi dekat antar anak2 baru dan kakak yg lain..hehe..ini yg seruu..gw kan cerewet ..paling suka kalo becritaan gt..hhe..trus2,,,yauda begitu2 aja,cerita2..lucu2an..pkonya ni sesi paling menyenangkan..hha..logat torajanya itulo yg bikin asikk.serasa d kampung halaman.hhe
tiba saatnya jam 4 sore,,mobil jemputan pun dateng(angkot mksdnya)..rombonganpun naik..
ternyata gak langsung pulang..kita singgah d air terjun maribaya..stelah melihat2 air terjun yg ada (ada 3 air terjun klo gsalah) dan puas bepoto2 tentunya..tiba saaat nya menuju ke air terjun utama yg jaragnya 400meter dr t4 saat itu(mesti jalan kaki)..nama air terjunnya "curug omas".
pas uda mau jalan kesana eh d panggil ma panitianya katanya si angkot uda bawel2 nungguin..mw kejar setoran katanya..yauda terpaksa d batalkann ke air terjun utama inii..huhh..sial bnget..supir angkot kutill..

perjalanan pula menegangkan..abis angkotnya overload gt..gk kek pas br dateng.soalnya bnyak pendatang susulan semalem..dtgnya d anter naik motor trus pulangnya naik mbil..jd y gt dehhh..
sesampai d bandung tepatnya d astor uda jam 8..trus pas mw pulang kekost masing2 ada temen mw k minimarket yauda gw join aja..bhbung mw beli kperluan kos juga..alhasil gw nampe kost jam 9an gt..berakhirlah kisah ini..hhe..sampai jumpa..


benerkan cuma narasi biasa dan gk da yg menarik..hha..kasian dehh org yg br blajar cerita ini..

No comments:

Post a Comment